LET THE PICTURES SPEAK (TEMAN DARI RUSIA)

By
Yunan Syahpora

Pada satu kesempatan ketika mendapat email dari seorang teman dari Rusia yang berprofesi sebagai guru. Dia meminta saya untuk mengirimkan gambar saya  tentang aktivitas sehari-hari saya yang terkait dengan Kampus. Jadi saya rasa tidak ada salahnya untuk membagikan  beberapa gambar kampus saya untuk menjelaskan seperti apa yang dia minta. Saat itu gambar yang saya ambil  sekitar tahun 2008 dan lokasi di Fakultas Sastra dan Budaya yang memang menjadi home base saya. Tampak lain dari foto yang saya ambil ini sekitar Fakultas Perikanan dengan beberapa mobil yang terparkir disekitar bangunan tersebut. Dan beberapa bangunan kampus lagi yang tidak saya tampilkan. Pada saat itu Unkhair sementara  lagi giat-giatnya mendirikan bangunan kampus  baru. 


kembali pada topik teman dari Rusia tersebut, kali ini ia berasal dari Novosibirsk, sebelumnya ada juga dari Irkust.  Meskipun persahabatan kami dipisahkan oleh jarak dan waktu namun facebook memendekkan jarak itu. Meminjam ungkapan Carl Sagan, penulis dan filsuf Astronomi, ia mengatakan bahwa yang membuat kita merasa jauh adalah jarak yang kita buat bukan apa yang kita rasa. Ya dengan facebook semuanya seolah terasa dekat. Terkait dengan Facebook,  sebenarnya media jejaring sosial ini saya mengenalnya atas rekomendasi dia juga, yang mana sekitar tahun 2007 berkali-kali saya telah membuat akun namun belum intens untuk menggunakannya. Maklum facebook saat itu belum terlalu familiar. Pada tahun 2008 lah saya benar-benar menggunakan facebook sebagai media untuk saling sapa. Seingat saya ketika di Warnet sewaktu Di Ternate tahun 2006/2007 di salah satu warnet yang di kelola oleh seorang teman. Ketika disaat membuka laman Facebook  lalu sempat dilihat oleh orang yang duduk disamping saya, yang waktu itu kondisi warnet  belum tersekat seperti kondisi warnet-warnet sekarang. Mereka pasti akan bertanya, apa yang saya buka. Saya bilang Thefacebook. Facebook sendiri baru secara resmi dibuka sebagai jejaring sosial secara umum oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Selisih 3 tahun hingga 4 tahun kemudian baru saya mengenal secara utuh jejaring sosial ini. Itu semua karena rekomendasi teman dari Rusia itu. Singkatnya saya termasuk pengguna lama Facebook yang saat itu belum terlalu ramai orang menggunakannya, dan setiap orang dapat mengecek di laman facebook masing-masing sejak kapan pertama kali tergabung atau membuat akun sebagai anggota Facebook. 

Akhirnya dengan tidak ingin mencederai persahabatan kami yang mulai intens di Facebook, gambar atau foto-foto keseharian saya sebagai pengajar yang diminta itu, akhirnya saya kirim juga via dinding Facebooknya. Namun terbesit dalam benak saya untuk apa dia meminta gambar untuk melihat aktifitas atau suasana kampus saya sehari-hari. Pada kesempatan lain saya menagih janji, agar dia memberi jawaban, mengapa ia meminta foto-foto itu, akhirnya ia menjawab, yang katanya saya adalah orang pertama dan teman facebook terjauh yg pernah ia ajak berteman di Facebook. Tapi bukan jawaban itu yang semestinya dia kemukakan, pikir saya, pasti ada jawaban yang lainnya.

Dan ternyata benar adanya, akhirnya setelah ia melihat gambar kampus saya dengan takjub dan merasa heran yang katanya negeri jauh dan yang anta-berantah namun gambar kampus yang saya kirim padanya mewakili kehidupan kampus ala kampus zaman modern.. Oaalah ternyata rasa ingin tahu dia rupanya hanya ingin mengetahui keadaan tempat dimana asal saya tinggal atau tepatnya rasa penasaran dia bangunan kampus saya seperti apa. Bisa jadi gambaran dia masih primitif kayaknya. Meski demikian persahabatan kita tetap terjalin hingga tahun-tahun selanjutnya dengan penuh keakraban meski hanya melalui pesan-pesan yang tak tentu waktu terus mampir di Inbox saya.

Yunan_Syahpora

What to say about me? I have wonderful friends.I am passionate about teaching and creative expression.In my spare time, I read a lot of Interest Book, love TV, IT gossip, movies and most of all is football. I'm blessed with an amazing family and close friends.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama